by

Sering Begadang Bikin Gampang Sakit?

Para penggila bola, tentu tidak mau melewatkan pertandingan demi pertandingan pada gelaran Piala Dunia 2018 yang sudah dimulai sejak 14 Juni lalu. Namun, jam tayang Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini dimulai sejak pukul 21.00 malam dan bisa selesai hingga sekitar pukul 03.00 dini hari. Mau tak mau, para pencinta bola harus begadang setiap malam hingga sebulan lamanya. Padahal, kebiasaan begadang dapat berdampak buruk bagi tubuh dan bikin gampang sakit.

Terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan, seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Begadang jelas membuat tubuh Anda gampang sakit karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terpapar virus, seperti virus influenza contohnya.

Selain itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi seberapa cepat Anda kembali sehat atau pulih jika Anda sakit. Pada saat tidur, sebetulnya sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan protein yang disebut sitokin. Beberapa di antaranya membantu Anda untuk tidur.

Sitokin tertentu dapat meningkat ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres. Nah, bergadang dapat menurunkan produksi sitokin tersebut. Selain itu, antibodi dan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi juga menjadi lebih tidak aktif selama periode ketika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup. (l6)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed