by

Shalat Idul Adha di Batam Hanya Dibolehkan di Lapangan dan Takbiran Keliling Ditiadakan

Pelaksanaan shalat Idul Adha pada 10 Zulhijjah 1442 H atau pada 20 Juli 2021 mendatang di Kota Batam tidak diizinkan di masjid atau musholla, namun hanya dibolehkan di lapangan saja.

Hal tersebut berdasarkan keputusan rapat Pemko Batam bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah pusat, Rabu (7/7/2021) di Panggung Utama Dataran Engku Putri Batam Centre.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi didampingi oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Sekda Kota Batam, Jefridin dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Kota Batam.

Baca juga :  Pemahaman Mitigasi Risiko bagi Pelaku Pengadaan Barang/Jasa Sangat Penting

“Hasil kesepatakan rapat koordinasi kita hari ini untuk pelaksanaan shalat Idul Adha nanti hanya diizinkan dilapangan dengan protokol kesehatan dan takbiran keliling bersama ditiadakan,” ucap Rudi.

Rudi mengatakan, jika shalat Idul Adha dilakukan di masjid atau musholla, dikwatirkan protokol kesehatan jaga jarak tidak akan bisa dijalankan dengan baik dan akan terjadi kerumunan masyarakat.

Baca juga :  Disbudpar Ingatkan Pelaku Restoran Disiplin Protokol Kesehatan

Sementara itu, lanjut Rudi, untuk shalat lima waktu tetap dibolehkan seperti biasa, namun hanya dibolehkan 25 persen dari kapasitas masjid atau musholla dan juga harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Shalat lima waktu boleh seperti biasa, namun dengan jarak 2 meter antara satu dengan yang lainnya. Aturan ini harus dijalankan hari ini. Prokesnya bukan hanya jaga jarak, namun jika ada yang kurang sehat dan batuk-batuk dianjurkan untuk shalat di rumah saja,” imbuhnya dilansir media online di Batam.

Baca juga :  Ini Upaya BP Batam dalam Penanganan Pencemaran Lingkungan dan Waduk

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Batam H Zulkarnain Umar mengatakan, pada saat pelaksanaan khutbah dalam shalat Idul Adha dibatasi waktunya dan harus sesingkat mungkin.

“Untuk khutbah sholat Idul Adha nanti tidak boleh panjang-panjang, paling lama waktunya minimal 15 menit saja,” tutur Zulkarnain. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed