by

Sikapi Wabah Corona dengan Bijak. Apa Langkah yang Dilakukan?

Batam (netrakepri.com) – Mewabahnya virus corona (covid-19) saat ini telah memberi dampak besar terhadap seluruh sektor. Tidak hanya di Batam, Indonesia, namun sudah seluruh dunia. Namun, hal ini jangan sampai masyarakat khususnya kalangan pengusaha sektor pariwisata panik.

“Situasi ini perlu disikapi dengan bijak. Kondisi ini memang memberi efek besar terhadap ekonomi, namun, tetap harus disikapi dengan positif,” ucap Willy Suderes, Cluster General Manager Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batam, saat berbincang dengan netrakepri.com, Jumat (13/3/2020).

Dia menjelaskan, bagaimanapun situasi hari ini, layanan di dunia pariwisata terutama perhotelan harus tetap yang terbaik.

Baca juga :  Masa Kerja dari Rumah PNS Diperpanjang Hingga 13 Mei

“Setiap tamu yang datang, layani dengan baik. Jika pun ada penurunan tamu, itu pasti terjadi dalam situasi seperti sekarang. Dan hal tersebut jelas memberi dampak terhadap operasional hotel. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat kebijakan yang dapat dipikul bersama,” jelas Willy.

Dia mengambil contoh di hotel yang dipimpinnya. “Kami memberlakukan libur 7 hari dalam sebulan tanpa dibayar. Dengan begitu, ada cost yang ditekan. Karyawan tetap bekerja tanpa mengurangi kuantitas mereka,” ucap Willy.

“Ini dinilai cukup bijak daripada merumahkan atau memutuskan hubungan kerja dengan karyawan,” tambahnya lagi.

Baca juga :  Waspada Angin Puting Beliung

Lalu, lanjut dia, kondisi tamu yang sepi, bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan hotel.

“Waktu-waktu seperti ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hotel. Mana yang kurang, bisa ditambah. Mana fasilitas yang dinilai tidak baik, bisa langsung diperbaiki. Dan ketika bisnis sudah kembali menggeliat, kita sudah siap dengan fasilitas yang terbaik,” terang Willy.

Dia tidak menampik jika sekarang ada yang menilai Batam dalam kondisi tidak baik.

“Ini harus kita netralisir. Bagaimana caranya? Seperti yang kami dari kalangan perhotelan yakni melakukan senam zumba massal. Kita ingin memberi informasi pada orang luar jika Batam ini tetap aman, damai, dan nyaman,” paparnya lagi.

Baca juga :  Lukita: Akan Dibangun Ikon Wisata Baru

“Dan untuk memberikan efek yang lebih besar, Pemerintah Kota dan seluruh pihak terkait, dapat membuat program yang mampu mengembalikan citra Kota Batam. Pemerintah Kota Batam bisa menggandeng seluruh pengusaha sektor pariwisata dan pihak terkait membuat program yang dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat luar terhadap Batam,” ujarnya menjelaskan.

“Dengan kebersamaan itu, dipercaya ekonomi Batam akan kembali bergairah,” pungkasnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed