by

Takbiran dan Sholat Idul Fitri Bersama Ditiadakan

Batam (netrakepri.com) – Kota Batam saat ini termasuk salah satu Kota di Provinsi Kepri yang masuk dalam zona merah Corona atau Covid-19, sehingga untuk pelaksanaan takbiran dan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah bersama seperti biasanya ditiadakan di Kota Batam.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, yang juga Walikota Batam, Muhammad Rudi, berdasarkan surat edaran Plt Gubernur Kepri yang ditujukan kepada Bupati dan Walikota se Kepri.

Baca juga :  Bandara Hang Nadim Layani 8 Penerbangan Kargo

“Kita sepakat, takbiran bersama dan sholat Idul Fitri di masjid atau musholla kita tiadakan baik itu di daerah mainland maupun hinterland,” ucap Rudi saat rapat dengan Forkopimda Kota Batam, Jumat (15/5/2020) di Dataran Engku Putri Batam Center.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar mengatakan terkait hal tersebut pihaknya sepakat untuk meniadakan takbiran dan shalat idul fitri bersama untuk tahun ini di Batam.

Baca juga :  PLN Batam Uji Coba Digitalisasi Kelistrikan

Yaitu berdasarkan fatwa MUI, surat edaran Kemenag RI dan juga surat edaran Gubernur Kepri, yakni apabila disuatu daerah zona merah maka semua ibadah dilaksanakan dirumah.

“Semua Forkopimda dan ormas islam yang ada di Batam sepakat dan kita di Batam tidak ada membedakan daerah mainland dan hinterland, walaupun sebagian daerah hinterland yang ada di Batam masul zona hijau,” ucap Zulkarnain.

Ditegasakan Zulkarnain, karena Batam berada zona merah maka semua bentuk ibadah tidak boleh dilaksanakan di rumah ibadah, baik itu ibadah sunat maupun ibadah wajib.

Baca juga :  Lagi, Ditpam BP Batam Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Lindung Duriangkang

Untuk ibadah dirumah tentang idul fitri sudah ada fatwa MUI nomor 28 tahun 2020 tentang tatacara melaksanakan idul fitri dirumah, yang mana bisa dilaksanakan sendiri maupun berjamaah bersama keluarga masing-masing.

“Kalau sholat idul fitri secara sendiri tidak mengunakan khutbah, tapi kalau secara berjamaah yang lebih dari 3 atau 4 orang dilaksanakan dengan khutbah pendek,” pungkasnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed