by

Tour de Bintan 2019 Akan Diselenggarakan di Bintan Lagoon Resort

Tour de Bintan (TdB) 2019, akan kembali digelar pada 29-31 Maret 2019. Event tahun ini akan jauh lebih berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Salah satunya adalah penggantian tuan rumah penyelenggaraan ke Bintan Lagoon Resort (BLR).

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, mengatakan bahwa BLR telah siap menggelar iven internasional tersebut.

“BLR telah siap menjadi tuan rumah sekaligus sponsor utama yang perdana TdB di tahun ini. Meski delapan tahun berturu-turut iven ini dipegang oleh Nirwana Gardens Resorts,” ujarnya, Jumat (8/3/2019).

Menurut Wahab, pemilihan BLR sebagi tuan rumah penyelenggaraan sangat tepat. Pasalnya, BLR merupakan salah satu kawasan hotel berbintang lima yang terluas di Kawasan Pariwisata Lagoi. Hotel ini juga memiliki kamar terbanyak. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari villa, lapangan golf, sarana rekreasi, hingga fasilitas hotel berstandar internasional.

Akses menuju hotel tersebut juga sangat mumpuni. Para peserta dapat menuju BLR langsung dari Singapura. Jarak tempuhnya pun hanya 50 menit perjalanan dengan menggunakan kapal ferry. Alternatif akses lainnya adalah menggunakan beberapa pilihan penerbangan, baik dari Bandara Hang Nadim Kota Batam maupun Bandara Raja Haji Fisabilillaah Kota Tanjungpinang.

“BLR juga memiliki pelabuhan langsung. Jadi ferry dapat langsung bersandar di halaman hotel. Ini semakin memudahkan para peserta, khususnya dari Singapura,” ucap Wahab.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar, menjelaskan bahwa TdB 2019 akan semakin memanjakan para peserta. Berubahnya venue membawa perubahan juga terhadap jalur yang dilalui, sehingga para peserta bakal dimanjakan panorama alam eksotik di dalam kawasan BLR.

Mereka akan menyusuri jalan lintasan di pantai berpasir putih dengan gradasi warna air laut, deretan pohon hijau yang asri, serta bebas dari lalu lalang kendaraan ramai. Tidak lupa juga kualitas udara yang cukup segar.

Beberapa kategori balap sepeda lainnya juga akan mengambil tempat di jalanan di luar Lagoi, yaitu start dan finish di Area Terminal Bus Simpang Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Peserta akan melalui jalur perkampungan masyarakat.

“Pokoknya ini sungguh akan menjadi sebuah ajang balapan yang membawa pengalaman tersendiri bagi peserta. Apalagi TdB masuk ke dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata 2019,” kata Wan Rudy.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Boeralimar, pun mengaku tidak sabar menantikan Tour de Bintan.

“Tour de Bintan adalah salah satu event terbaik di Bintan. Kelasnya pun sudah berskala internasional. Banyak peserta asing terlibat. Ini event yang sangat bergengsi,” ujarnya.*

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed