by

UMKM Didorong untuk Manfaatkan KUR

Batam – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mendorong pelaku UMKM memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan yang sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas usahanya.

“Kami dorong UMKM mendapatkan KUR, pemerintah telah menyubsidi bunga KUR untuk UMKM,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian KUKM, Yuana Sutyowati, usai pertemuan Forum Konsultasi Penguatan Peran Koperasi sebagai Lembaga Pembiayaan Formal bagi Usaha Mikro dan Kecil, Kamis (26/7/2018).

Pemerintah menyiapkan dana subsidi bunga KUR hingga Rp13,6 triliun untuk tahun ini. Subsidi itu berupa potongan bunga sebesar 10,5 persen, dari bunga yang harus dibayarkan sekitar 17 persen.

Dengan subsidi itu, UMKM hanya membayar sekitar 7 persen bunga KUR kepada perbankan.

Diharapkan, dana subsidi itu bisa dinikmati sekitar 2 juta nasabah UMKM dengan total plafon mencapai Rp120 triliun.

“UMKM yang mendapatkan KUR artinya menikmati APBN juga. Karena kementerian memberikan subsidi bunga untuk KUR UMKM di perbankan yang berasal dari APBN,” kata Yuana seperti dilansir antarakepri.com, Kamis (26/7/2018).

Ia mencatat, hingga kini perbankan telah menyalurkan KUR sebanyak Rp64 triliun di seluruh Indonesia.

“NPL (non performing loan atau kredit macet) juga bagus, di bawah 1 persen. Artinya UMKM sudah disiplin,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengakui baru sedikit pelaku UMKM memperoleh akses perbankan, karena perbankan selektif dalam menyalurkan kreditnya.

Menurut dia, bila pelaku UMKM sudah memperoleh KUR, artinya usaha yang dijalankannya baik dan tumbuh positif, sehingga mendapatkan kepercayaan perbankan.

Berdasarkan data yang dimilikinya, dari 62,9 juta UMKM di seluruh Indonesia, hanya sekitar 13 juta UMKM atau 19,98 persen yang sudah memiliki akses perbankan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan pihaknya juga mendorong pelaku UMKM untuk memperoleh fasilitas KUR.

Namun ia mengaku tidak memiliki data jumlah UMKM Batam yang sudah menikmati fasilitas KUR.

“Kami cuma membantu memasukkan data UMKM potensial ke sistem informasi. Nanti perbankan langsung kontak ke pelaku UMKM,” kata dia. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed