by

Uniba Jadikan Kampung Kelembak Sebagai Desa Binaan

  • Kembangkan Wisata Berbasis Digital

Batam (netrakepri.com) – Kampung Kealembak yang terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam dijadikan oleh ratusan mahasiswa dan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik Universitas Batam sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam kegiatan pada, Sabtu (30/3/2019) hadir pula Rektor Universitas Batam, Dekan Fakultas Teknik dan Kaprodi dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik Universitas Batam.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Batam, Dr. Ir. H Chablullah Wibisono, MM, mengungkapkan, Kampung Kelembak akan dijadikan Desa Binaan dari Universitas Batam.

“Kampung Kelembak memiliki Potensi Pariwisata yang perlu dikembangkan. Oleh karena itu, Universitas Batam akan menjadikan Kampung Kelembak menjadi desa binaan. Sehingga warga akan mendapatkan pendampingan dari Dosen Uniba untuk mengembangkan pariwisata di kampung Kelembak,” ujar Dr. Chablullah.

Chablullah juga menambahkan, nantinya Universitas Batam melalui Prodi Sistem Informasi juga akan menyiapkan konten digital untuk kampung Kalembak.

“Kita akan siapkan website dan media digital lainnya untuk mendukung promosi pariwisata di Kampung Kalembak ini,” lanjut Chablullah.

Selain itu, Uniba melalui Fakultas Ekonomi juga akan mengajarkan pengelolaan ekonomi berbasis syariah untuk warga Kampung Kelembak.

Dalam, rangkaian kegiatan KKN itu akan dibangun berbagai fasilitas fisik untuk warga, diantaranya, sarana penampung air, pemasangan instalasi listrik, penyempurnaan panggung dan pembuatan taman baca untuk anak yang masing-masing dikembangkan oleh Dosen dan Mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Manajemen dan Akuntansi. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon mangrove oleh civitas akademika universitas batam bersama warga setempat.

Masyarakat sangat antusias dengan penyelenggaraan kegiatan itu. Apalagi dalam pelaksanaannya juga disertai dengan cek kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dari Prodi Kebidanan dan Keperawatan Universitas Batam.

Kegiatan KKN itu ditutup dengan berbagai games untuk menjalin keakraban dengan warga dan penyerahan hadiahnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed