by

Virus Corona Mewabah, Berapa Besar Dampak ke Ekonomi Indonesia?

Virus corona telah menjadi momok bagi dunia saat ini. Ekonomi Center of Reform on Economic (CORE), Piter Abdullah, menyatakan pengaruh virus Corona sudah merambat sangat cepat ke perekonomian global secara umum dan Indonesia sudah terkena dampaknya dari awal virus ini menjadi perbincangan dunia.

“Sejak awal, kita sudah terdampak khususnya melalui gejolak di sektor keuangan dan sektor pariwisata,” tutur Piter, Selasa (4/2/2020).

Baca juga :  Pelaku Pariwisata dan Seniman Disemangati Ketua TP PKK Kota Batam

Di sektor keuangan, lanjut Piter, IHSG turun drastis dan nilai tukar rupiah mengalami depresiasi. Hal itu disebabkan sentimen negatif yang muncul di tengah kekhawatiran virus Corona.

“Kekhawatiran dan sentimen negatif itu terbentuk karena diyakini virus corona akan berdampak negatif menurunkan pertumbuhan ekonomi global,” ungkap Piter.

Terbaru, bursa Amerika Serikat ditutup melemah dan penurunan tajam terjadi lebih parah dari penutupan perdagangan Jumat lalu. Sedangkan, bursa Asia juga mayoritas bergerak negatif.

Baca juga :  Tour de Bintan Jadi Iven Dunia

“Sementara di sektor pariwisata, jumlah wisatawan khususnya dari China menurun drastis, dan penurunan ini berpengaruh negatif ke sektor-sektor lainnya yang terkait, seperti transportasi, hotel, restoran dan lainnya,” papar Piter.

Karena sudah terdampak dari awal, tentu jika penyebaran virus ini semakin cepat, maka kondisi ekonomi juga akan lumpuh dalam waktu lebih cepat dari perkiraan. Namun, Piter yakin China bakal bisa menyelesaikan permasalahan ini, melihat pengalamannya melawan SARS pada 2002 dan 2003 silam.

Baca juga :  Gubernur Kepri Pertimbangkan Perizinan Taksi Aplikasi

“China sudah berpengalaman dengan SARS, saya yakin China bisa menanggulangi Corona, cuma masalah waktu saja,” imbuhnya. *

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed