by

Zidane, Pamit di Tengah Pesta

Belum sepekan setelah mengantar Real Madrid jadi juara Liga Champions, Zinedine Zidane memutuskan mundur dari jabatannya. Zidane mengumumkan pengunduran dirinya dalam sesi konferensi pers yang digelar secara mendadak Kamis (31/5/2018) siang waktu setempat. Pengumuman mundur Zizou terjadi hanya empat hari setelah dia mengantar Madrid menjadi juara Liga Champions. Kabar ini sangat mengejutkan mengingat dia belum genap sepekan memberi El Real trofi Liga Champions usai mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1.

“Saya sudah berbicara sedikit dengannya (Florentino Perez) tentang apa yang saya pikirkan saat ini. Yang pertama untuk saya, (untuk) skuat, (untuk) klub. Saya pikir ini waktu yang aneh (untuk membuat keputusan mundur), tapi ini sesuatu yang penting dan juga bagus untuk semua orang,” ucap Zidane dalam konferensi pers.

“Yang saya pikirkan adalah tim ini butuh untuk terus menang. Klub ini butuh perubahan, suara yang berbeda, sebuah metodologi lain, dan karena itulah saya mengambil keputusan ini,” lanjutnya.

Zidane ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid pada Januari 2016 sebagai pengganti Rafael Benitez. Meski trek rekor melatihnya belum banyak kala itu, dia ternyata langsung mempersembahkan trofi Liga Champions. Pria asal Prancis itu cuma pernah menjadi asisten Carlo Ancelotti di Madrid dan kemudian menukangi tim Real Madrid Castilla.

Zizou kemudian malah jadi pelatih pertama yang memenangi tiga trofi Liga Champions secara beruntun. Total ada sembilan trofi dia menangi.

“Saya mencintai klub ini dan presiden yang memberi saya kesempatan bermain dan kemudian menjadi pelatih di klub impian saya. Tapi segalanya berubah dan karena itulah saya mengambil keputusan pergi,” lanjutnya dikutip dari Independent.

Menunjuk Zinedine Zidane sebagai pelatih adalah sebuah perjudian besar Real Madrid. Tapi, perjudian besar itu berujung sukses besar selama 878 hari Zidane melatih.

Kini era Zidane sebagai pelatih Madrid telah berakhir. Pria berusia 45 tahun itu membuat pengumuman mengejutkan dengan mengundurkan diri lima hari setelah mengantarkan timnya menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Berikut timeline Zidane selama 878 hari melatih Madrid, seperti dikutip dari Marca:

4 Januari 2016: Zidane diperkenalkan sebagai pelatih baru Real Madrid.

9 Januari 2016: Pertandingan pertama Zidane sebagai pelatih Madrid. Madrid menang telak 5-0 atas Deportivo La Coruna. Gareth Bale mengukir hat-trick di laga tersebut.

17 Februari 2016: Laga pertama Zidane di Liga Champions. Madrid menang 2-0 di kandang AS Roma pada leg pertama babak 16 besar sebelum akhirnya menjadi juara.

2 April 2016: Zidane memenangi El Clasico pertamanya setelah Madrid mengalahkan Barcelona 2-1 berkat gol Cristiano Ronaldo di menit-menit akhir.

28 Mei 2016: Zidane memenangi Liga Champions pertama sebagai pelatih setelah Madrid menang adu penalti atas Atletico Madrid di final.

9 Agustus 2016: Musim penuh pertama Zidane sebagai pelatih Madrid dimulai. Madrid meraih titel Piala Super Eropa setelah mengalahkan Sevilla.

18 Desember 2016: Zidane memimpin Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub.

25 Januari 2017: Kegagalan pertama Zidane di Madrid ketika timnya disingkirkan Celta Vigo dari Copa del Rey.

21 Mei 2017: Tapi, Zidane menebusnya dengan mengantarkan Madrid menjadi juara La Liga.

3 Juni 2017: Madrid kembali menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 4-1 pada laga final di Cardiff. Madrid menjadi tim pertama di era Liga Champions yang sukses mempertahankan gelar.

8 Agustus 2017: Madrid mengalahkan Manchester United untuk memenangi Piala Super Eropa.

16 Agustus 2017: Madrid menang meyakinkan atas Barcelona untuk memenangi Piala Super Spanyol.

16 Desember 2017: Di bawah komando Zidane, Madrid sekali lagi tampil sebagai juara Piala Dunia Antarklub.

23 Desember 2017: Madrid kalah pada laga El Clasico di Santiago Bernabeu vs Barcelona dengan skor 0-3.

23 Januari 2018: Madrid secara mengejutkan disingkirkan Leganes dari Copa del Rey.

26 Mei 2018: Zidane memimpin Madrid mengalahkan Liverpool di final Liga Champions.

31 Mei 2018: Zidane mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Madrid.

(dc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed